STKIP Situs Banten Menggelar Kegiatan Field Study to Baduy Mata Kuliah Sejarah Banten dari Prodi PG. PAUD - STKIP SITUS BANTEN

STKIP Situs Banten Menggelar Kegiatan Field Study to Baduy Mata Kuliah Sejarah Banten dari Prodi PG. PAUD

STKIP Situs Banten Menggelar Kegiatan Field Study to Baduy Mata Kuliah Sejarah Banten dari Prodi PG. PAUD

Lebak- STKIP Situs Banten Menggelar Kegiatan Field Study to Baduy Mata Kuliah Sejarah Banten dari Prodi PG. PAUD. Pada Minggu (23/06/2024) bertempat di Lebak, Ciboleger Baduy.

 

Seratus mahasiswa prodi PG. PAUD tiba di Baduy luar untuk memperkaya pengetahuan Sejarah Banten mengenai kearifan lokal, keberagaman budaya, dan keindahan alam masyarakat Baduy.

 

Kunjungan pertama mahasiswa di kampung Landeuh atau sesuai julukan kampung baduy Mualaf. Mayoritas masyarakat kampung ini seorang mualaf dari suku baduy. Agama asli yang dianut oleh suku baduy merupakan Sunda Wiwitan dari sinkretisme antara Islam dan Hindu. Mahasiswa yang hadir bergotong royong untuk membantu membersihkan lingkungan Kampung Mualaf agar terlihat semakin asri.

 

Untuk memperdalam pengetahuan mahasiswa dari karakteristik tradisional yang ada di Baduy Mualaf, seluruh mahasiswa melakukan wawancara pada warga sekitar terkait kebiasaan sehari-hari dan pengalaman yang sudah dilalui. Disambung dari kegiatan wawancara mahasiswa langsung menuju pada Baduy Luar. Seperti mendaki bukit, menjelajahi hutan, dan menikmati keindahan sungai yang jernih.

 

Dari kegiatan ini mahasiswa bukan hanya mendapatkan liburan, akan tetapi mendapatkan ilmu berharga agar untuk terus belajar tentang keberagaman budaya dan menjaga keberlanjutan alam (SSR/MR).

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *